Senin, 04 Maret 2024, WIB
Breaking News

Minggu, 10 Apr 2022, 06:53:57 WIB, 206 View Administrator, Kategori : Pelayanan

Rumah Vaksin 24 Jam yang diresmikan ‎Gubernur Riau Syamsuar beberapa waktu lalu disambut antusias masyarakat Riau. 

Melihat antusias masyarakat yang datang ke Rumah Vaksin 24 Jam cukup tinggi, ‎Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau akan membuka cabang Rumah Vaksinasi di Politeknik Kesehatan (Poltekkes)  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Provinsi Riau, di Jalan Melur, dan di RS Jiwa Tampan Kota Pekanbaru hari ini. 

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, H Muhammad Ridwan SKM MKes, Kamis (7/4/2022) mengatakan,dibukanya Rumah Vaksinasi 24 jam tersebut dalam upaya memberi kemudahan kepada masyarakat Pekanbaru untuk melakukan vaksinasi, baik dosis pertama, kedua dan ketiga (booster). 

"Rencana kita akan membuka Rumah Vaksinasi lagi di Poltekkes Kemenkes Jalan Melur, Kota Pekanbaru. Ini upaya kita memberi kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi, mengingat antusias masyarakat melaksanakan vaksinasi di Rumah Vaksinasi 24 Jam Diskes Riau cukup tinggi," katanya. Informasi terbaru, rumah vaksin 24 jam ini juga akan dibuka di RS Jiwa Tampan.

Ridwan mengatakan, untuk Rumah Vaksinasi di Poltekkes Kemenkes Kota Pekanbaru tidak dibuka 24 jam seperti Rumah Vaksinasi 24 Jam di kantor Diskes Riau. 

"Rumah Vaksinasi di sana mungkin tidak dibuka 24 jam, namun paling tidak itu bisa membantu masyarakat di wilayah yang ramai, sehingga masyarakat yang ingin meningkatkan antibodi tidak perlu mengantre panjang," ujarnya. 

Lebih lanjut Ridwan menyampaikan, dibukanya Rumah Vaksinasi tersebut juga dalam rangka meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 di Provinsi Riau

"Meski capaian vaksinasi kita sudah tinggi, namun kita tetap akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya pelayanan vaksin," katanya. 

Seperti diketahui, ‎setiap hari jumlah orang yang datang untuk divaksin di rumah vaksinasi 24 jam diatas 200 orang per harinya. 

"Antusias masyarakat cukup tinggi, rata-rata setiap hari bisa diatas 200 orang, ada yang baru vaksin dosis 1, 2 tapi banyak juga yang booster," kata Ridwan.

Ridwan mencontohkan seperti yang terjadi pada Selasa (5/4/2022). Tercatat ada 261 orang yang divaksin di rumah vaksin. 

"Yang mendaftar sebenarnya ada 300 orang lebih, tapi setelah dilakukan screning ternyata ada yang belum bisa divaksi, dan yang memenuhi syarat untuk divaksin ada  261 orang," ujarnya.

Begitu juga pada Rabu (6/4/202) siang, jumlah petugas di rumah vaksinasi 24 jam sudah mencatat sebanyak sampai 270 orang yang mendaftar. 

"Jumlah ini sebenarnya sudah melampui target, karena kita kan kemarin menargetkan per hari itu 150 orang," katanya.

Ridwan mengatakan, antusias masyarakat banyak mengikuti vaksin karena menginginkan antibodi agar terhindar dari Covid-19. Kemudian adanya pembatasan perjalanan. Dimana masyarakat yang ingin berpegian menggunakan transportasi udara harus booster baru bisa bebas tes Covid-19

"Makanya banyak juga orang yang datang untuk vaksin booster. Tapi ada banyak juga anak-anak yang vaksin, mungkin persiapan kalau setelah lebaran untuk pembelajaran tatap muka," ucapnya.

Ridwan mengungkapkan, keberadaan rumah vaksin 24 jam memang menjadi alternatif baru bagi masyarakat yang akan divaksin. Meski di Puskesmas bisa melayani vaksinasi, namun karena atrean panjang dan tidak buka 24 jam, banyak warga yang memilih melakukan vaksinasi di Rumah vaksin.

‎"Respon masyarakat cukup bagus, di Puskesmas sebenarnya bisa juga, tapi karena mungkin di sana juga ramai yang vaksin, makanya masyarakat mencari alternatif tempat yang strategis," ujar Ridwan. 

Keberadaan Rumah Vaksin 24 Jam memang sangat mudah dijangkau. Sebab pos pelayanan vaksinasi didirikan di pinggir jalan. Sehingga masyarakat yang akan divaksin tidak perlu masuk ke dalam ruangan. Karena petugas sudah mendirikan tenda di pinggir jalan tepat di depan kantor Dinas Kesehatan Riau yang berada di belakang Pustaka Wilayah.

Bagi Masyarakat yang ingin vaksin bisa langsung datang mendaftar di tenda pendaftaran yang disiapkan. Setelah daftar, masyarakat dilakukan penyuntikan vaksin di ruang PSC 199.

Kemudian masyarakat observasi ditempat yang disiapkan dan setiap peserta vaksin akan diberikan puding.

Namun karena bulan puasa, puding hanya boleh dibawa pulang. Kecuali masyarakat yang vaksin malam hari, puding dapat dimakan di tempat observasi.

‎Menurut informasi yang beredar, pembukaan rumah vaksin 24 jam ini akan dilakukan hari ini Minggu 10 April 2022 pukul 14.00 di RS Jiwa Tampan dan pukul 16.00 di Poltekkes Kemenkes Riau.



Perpanjangan STR; sudah terbit surat edaran waktu tunggu verifikasi capaian PKB, total 15 hari kerja
Rabu, 06 Jul 2022, 00:05:49 WIB, Dibaca : 3836 Kali
Perawat Harus Semakin Meningkatkan Kompetensi dan Eksistensinya di Masyarakat
Sabtu, 14 Mei 2022, 05:51:43 WIB, Dibaca : 226 Kali
Pelantikan DPK PPNI RS Eka Hospital, Seminar Legal&Etik Keperawatan Warnai International Nurses Day
Jumat, 13 Mei 2022, 07:58:03 WIB, Dibaca : 214 Kali

Tuliskan Komentar